Kegiatan Virtual di masa pandemi Covid-19

Masa Pandemi Covid-19 membuat sistem pendidikan berubah secara signifikan. Sebelumnya proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah berlangsung secara tatap muka (offline). Tetapi kini, proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh (online) dengan memanfaatkan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi, seperti media TV, handphone dan komputer/laptop. Dampaknya cukup besar bagi siswa serta orang tua, adapun manfaat yang bisa di ambil yakni memaksa setiap murid serta orang tua untuk memahami sistem digital yang beberapa diantaranya masih tertinggal. Terlebih dibeberapa daerah yang memang jangkauan internetnya masih sulit.

Pihak sekolah terutama SD Islam Al Azhar Rawamangun harus mempunyai inisiatif untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sehingga, tantangan sebesar apapun harus bisa diatasi dan menjadi tanggung jawab bersama. Di samping beberapa kegiatan yang semula harus dilaksanakan secara tatap muka kini berubah dengan cara virtual.

SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun berusaha mencari solusi dalam mengaplikasikan setiap pelaksanaan kegiatan. Terutama pimpinan serta guru menjadi tantangan yang besar untuk tidak menjadi hambatan dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan secara tatap muka, guna menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Solusi digital aplikasi zoom merupakan salah satu aplikasi komprensi yang dapat digunakan dalam pelaksanaan setiap kegiatan secara virtual, sehingga memudahkan dalam menghadiri ratusan peserta sehingga komunikasi jarak jauh secara bersamaan dapat terjangkau.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan secara virtual selama pandemi Covid-19 yang telah dilaksanakan di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun, diantaranya Maulid Nabi Muhammad ﷺ, Bulan Bahasa, Munaqosyah, Pembinaan Qur’an Metode Ummi serta Fieldtrip, yang hampir setiap tahunnya sudah menjadi program yang harus dilaksanakan. Tentunya dengan berbagai persiapan serta perencanaan yang matang. Di masa pandemi ini SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun berusaha tetap mewujudkan program yang telah tersusun, dengan harapan tetap terlaksananya kegiatan-kegiatan tersebut.

Dalam setiap kegiatan melibatkan murid-murid, guru dan karyawan yang terbentuk dalam susunan kepanitiaan, yang di motori oleh pimpinan SDI Al Azhar 13 Rawamangun dan YAPI dengan menggunakan fasilitas aula sebagai pusat interaktif jaringan internet serta aplikasi yang digunakan secara online via zoom yang dihadiri ratusan peserta kegiatan.

Tantangan sebesar apapun harus bisa diatasi dan menjadi tanggung jawab bersama.  Lebih lanjut, bahwa tujuan pendidikan adalah untuk membuat cerdas generasi penerus bangsa, serta membentuk karakter bangsa yang berbudaya. Sehingga, setiap orang berperan menjadi guru yang bisa mendidik anak-anak penerus bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *